MEMPERSIAPKAN BIBIT MAHASISWA D3 BAHASA JEPANG BERKUALITAS MELALUI OD3N

By: Admin | Posted on: 2015-10-17 | Kunjungan : 248

MEMPERSIAPKAN BIBIT MAHASISWA D3 BAHASA JEPANG BERKUALITAS MELALUI OD3N

 

Tidak seperti di prodi pendidikan ataupun sastra Inggris, prodi D3 Bahasa Jepang memiliki cara berbeda untuk mempersiapkan para mahasiswa barunya, yaitu melalui OD3N (Orientasi of D3 Nihonggo)  yang dilaksanakan selama satu bulan dari tanggal 22 September sampai 22 Oktober 2015.  OD3N adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memudahkan mahasiswa D3 Bahasa Jepang dalam mengawali proses perkuliahannya. Kegiatan OD3N ini berisi tentang pengenalan baca dan tulis huruf Jepang  yang meliputi hiragana dan katakana serta pengenalan kebudayaan Jepang.

Tidak hanya itu, kegiatan yang dilakukan di kelas B-102 dan B-103 Fakultas Bahasa dan Sastra ini dibimbing langsung oleh senpai (senior) dari D3 sastra Jepang itu sendiri. Ini membuat para kohai (junior) menjadi semakin antusias terhadap kegiatan yang hanya libur pada hari Jum’at dan Minggu tersebut.

“Kegiatan OD3N ini sangat bermanfaat dan efektif untuk menunjang proses perkuliahan pertama bagi mahasiswa baru Bahasa Jepang agar mereka tidak kaget. Saya sendiri sebagai senior merasa senang sebagai senpai mereka, karena dapat berbagi pengetahuan dengan para kohai,” ujar Fadli, mahasiswa yang menjabat sebagai koordinator dari Japanese Club. Kegiatan ini tidak hanya untuk memperluas wawasan  tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga baru di prodi D3 Bahasa Jepang. ( Winda Cahya Kurniawan, Semester 5 )