Praktik Pengajaran dan Observasi oleh Mahasiswa FBS di SD plus Darul Ulum Jombang

By: Admin | Posted on: 2013-12-10 | Kunjungan : 443

            Sabtu, 30 November 2013. Dalam rangka melengkapi tugas praktik pengajaran Teaching English To Young Learners, para mahasiswa FBS semester 3 dan 5 melaksanakan praktik pengajaran dan juga observasi di SD plus Darul Ulum Jombang. Program ini, sudah berjalan 1 tahun terakhir. Untuk mahasiswa semester 3, mereka melakukan praktek pengajaran, dan semester lima sebagai observer-nya. Ada 13 kelompok pengajar yang masing-masing terdiri dari 2-3 orang, dan 13 kelompok observer. Objek dari pengajaran ini adalah seluruh siswa yang ada di SD plus, mulai dari kelas I sampai kelas VI.

            Dalam pengajarannya, para mahasiswa mengaplikasikan 5 jenis Mata Kuliah (MK) yang sebelumnya sudah mereka dapatkan dari Kampus. Diantaranya, Teaching Grammar to Young Learners, Teaching Writing to Young Learners, Teaching Reading to Young Learners, Teaching Speaking to Young Learners, and Teaching Listening to Young Learners. Disini para mahasiswa ditarget untuk bisa sekreatif mungkin menjadikan suasana kelas menjadi tidak membosankan bagi para siswa, karena objek mereka adalah siswa SD. Jadi, dibutuhkan keterampilan dan mental yang kuat dalam proses mengajar di dalam kelas.     

            “Anda dalam 1-2 hari tidak mungkin bisa menjadi guru yang sempurna, karena yang bisa Anda lakukan adalah menjadikan diri Anda lebih baik ketika mengajar, jadi jangan pernah merasa terbebani dengan semua proses itu,”  ujar Bu putri, selaku koordinator program ini.

            Dengan adanya praktek pengajaran ini, diharapkan para mahasiswa FBS dari prodi pendidikan, mampu mengajar para pembelajar muda (Young Learners) dengan baik. Sehingga mereka bisa mengaplikasikan metode pengajaran secara sederhana namun mudah diterima oleh para siswa dan bisa menarik perhatian mereka. (Red: Mauliya Risalaturrohmah, Mahasiswa FBS Unipdu)